Strategi Social Media Marketing di Era Digital

{f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}({f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}dslc_commentscount{f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}){f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}

social media management

Sosial media marketing atau pemasaran media sosial (SMM) adalah bentuk pemasaran digital yang menggunakan platform sosial dan situs web jaringan untuk mempromosikan produk atau layanan organisasi melalui cara berbayar dan tidak berbayar. Banyak perusahaan yang menggunakan social media marketing. Promosi produk melalui platform media sosial ini cukup efektif untuk menjangkau calon pelanggan dengan mudah.

Apa itu Social Media Marketing (SMM)?

Social media marketing adalah sebuah strategi marketing dengan menggunakan media sosial sebagai platform dalam melakukannya seperti Facebook, Instagram, atau Twitter. Pemasar dapat berinteraksi dengan pelanggan, mengumumkan produk dan layanan baru. Untuk mendapatkan umpan balik dan rekomendasi, serta membangun komunitas mereka.

Social media marketing sebuah proses menarik perhatian orang agar terikat (engaged) dengan konten Anda. Lalu mempromosikan produk dan layanan serta melibatkan audiens untuk meningkatkan konversi dan ROI. 99{zxxxz} akses media sosial tersebut dilakukan melalui perangkat mobile. Jadi, sesuaikan konten promosi Anda agar mobile friendly.

Jenis Social Media yang Bisa Anda Optimalkan

Social Media

Pile of 3D Popular Social Media Logos

1. Facebook

Media sosial yang sudah terkenal sejak lama dan pengguna paling banyak. Bahkan para pembisnis memanfatkan facebook page untuk mempromosikan bisnisnya

2. Instagram

Mempunyai banyak fitur menarik yang bisa Anda manfaatkan seperti IG TV, Live, Strories. Ada juga fitur untuk para pembisinis tentang performa akun bisnis anda

3. Twitter

Berfokus pada konten atau informasi secara real-time. Sangat cocok bagi para pembisnis yang rutin mengupload konten karena pergerakkannya yang sangat cepat

4. Youtube

Media social terbaik untuk menjalankan video marketing. Sudah banyak pembisnis membuat Channel Youtube dan rutin upload konten relevan

5. Linkedln

Media social untuk para pekerja dan profesional di bidangnya. Sangat cocok untuk mencari konsumen B2B

6. Tiktok

Kebanyakan penggunanya anak muda bergenerasi Z. Sehingga cocok untuk Anda yang target pasarnya adalah anak muda

Mengapa Social Media Marketing Penting ?

Hampir semua masyarakat mempunyai akun social media dan rutin menggunakannya. Dan Anda bisa memanfaatkan social media sebagai media marketing yang jauh lebih efektif dan efisien dalam mempromosikan produk atau jasa yang anda tawarkan. Berikut ini adalah keuntungan Anda menggunakan social media marketing :

1. Meningkatkan Brand Awareness

Ketika Anda secara rutin mengupload konten maka perlahan masyarakat akan mulai menaruh perhatian. Mulanya mungkin mereka hanya melihat produk atau jasa yang Anda tawarkan sementara waktu. Namun, jika di unggah secara rutin maka produk atau layanan itu kan diingat oleh masyarakat

2. Efektif dan Efisien

Social media marketing lebih efisien daripada Pemasaran secara konvensional seperti membuat spanduk atau baliho. Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang terlalu banyak dalam melakukan social media marketing. Namun, lebih efektif  dalam menjangkau konsumen Anda. Karena Anda bisa mengatur target iklan dengan secara detail. Anda bisa mengatur umur, gender, tempat tinggal, hobi, hingga status hubungan sekalipun. Alhasil, pemasaran Anda akan jauh lebih efektif dengan cara yang efisien dan tak berbelit-belit.

3. Memperluas Pangsa Pasar Bisnis

Hampir semua menggunakan media sosial oleh siapa pun dan dimana pun mereka berada. Artinya, target konsumen tidak sebatas lokal saja, bahkan hingga ke luar negeri sekalipun. Asalkan sosial media di optimalkan secara benar. Misal menggunakan hastag yang tepat, sehingga orang bisa mencari bisnis Anda dengan mudah.

4. Adanya Feedback dari Konsumen

Anda bisa melihat langsung bagaimana customer berinteraksi dengan postingan konten di media sosial. Misalnya dengan memfollow, like, atau bahkan berkomentar. Hal ini memungkinkan masyarakat untuk memberikan pendapat tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan. Ini bisa menjadi alat ukur untuk mengukur kelebihan dan kekurangan dari produk atau layanan Anda.

5. Membagi Informasi dengan Cepat

Memungkinkan membagikan informasi terkait bisnis Anda dengan cepat. Konsumen Anda bisa tahu tentang diskon, flash sale, promo, atau informasi lainnya saat itu juga karena akan langsung muncul di timeline mereka. Bayangkan jika menggunakan pemasaran tradisional seperti baliho atau spanduk. Anda akan membutuhkan waktu berjam-jam, bahkan berhari-hari. Itupun dengan harga yang jauh lebih mahal daripada melalui social media marketing.

6. Mendatangkan Traffic ke Website

Social media marketing juga bisa dijadikan jembatan bagi trafik baru ke website Anda. Tinggal memasukkan URL website Anda pada deskripsi. Sehingga orang-orang yang mengkliknya akan langsung diarahkan ke website Anda. Apalagi jika post Anda memang menarik dan bermanfaat. Dijamin, pasti akan banyak orang yang membagikan post tersebut, sehingga trafik yang datang ke website Anda juga lebih banyak

Strategi dalam Sosial Media Markerting

Bagaimana Anda bisa mulai membuat strategi sosial media marketing untuk memberi keuntungan bisnis Anda.

1. Audit Media Sosial

Gunakan Google Analytic untuk memahami platform mana yang paling berguna untuk mengarah ke website. Perhatikan demografis audiens, lokasi, jenis konten yang menarik audiens. Analisis pesaing akan melacak apa yang saat ini berhasil dan mengevaluasi kekuatan dan kelemahan mereka dalam media sosial. Ini berguna untuk menentukan strategi yang efektif untuk bisnis Anda.

2. Tetapkan Sasaran dan Pelajari Selera Audiens

Mengaudit media sosial sudah memberikan wawasan tentang bagaimana audiens Anda. Sehingga dapat menentukan seperti industri mereka, penunjukan pekerjaan, prefensi konten, demografis, karakteritik psikografis, dll. Selera audiens bisa jadi tolak ukur kecocokan produk yang kita buat. Dengan, memetakan selera audiens, kamu bisa menentukan konten menarik apa yang akan dibuat di media sosial. Semakin cocok selera audiens dengan konten yang kamu sajikan, engagement pun jadi lebih besar.

3. Buatlah Konten yang Menarik

Konten yang menarik dibutuhkan riset terlebih dahulu. Cari tahu konten seperti apa yang menarik untuk audiens dan jenis konten apa yang mereka sukai. Misalnya audies menyukai konten video di facebook karena mampu menjangkau banyak audiens, kamu bisa fokus untuk membuat konten video-video yang relevan di platform ini. Konten yang menarik akan menghasilkan engagement yang tinggi dan bisa saja tergerak untuk membeli atau menggunakan produk yang Anda tawarkan.

4. Atur Jadwal Posting

Waktu yang pas untuk memposting konten, dengan cara melihat kapan orang-orang aktif di media sosial. Misalkan, upload kontenmu ketika jam berangkat, istirahat, atau jam pulang kerja. Saat itu, orang-orang biasanya sedang aktif bermain media sosial. Jangan mengunggah ketika jam 10 malam ke atas. Saat itu, kemungkinan orang sudah tertidur sehingga tidak bisa langsung melihat kontenmu.

Kesimpulan

Social Media Marketing (SMM) adalah salah satu media marketing yang cukup efektif dan efisien dalam menjangkau banyak orang agar terikat (engaged) dengan konten Anda. Memahami pekerjaan ini, Anda tentu harus aktif di media sosial. Dari situ Anda bisa melihat kebiasaan orang-orang, serta kapan orang-orang bermain di media sosial. Dari situ juga, Anda bisa menganalisis konten seperti apa yang bisa menarik perhatian audiens.

Jika Anda belum punya waktu yang cukup untuk mengelola social media marketing Anda. Dan juga ingin meningkatkan Engagement bisnis Anda? Maxima Digital Creative Agency dapat membantu. Sebagai salah satu Digital Agency di Tangerang , Maxima Digital didukung oleh para tenaga profesional di bidang Pengembangan Situs Web, SEO, Iklan Google, serta Pemasaran dan Manajemen Media Sosial.

Maxima Digital mengintegrasikan ide kreatif dan teknologi untuk membantu perkembangan bisnis Anda. Berdasarkan keyakinan bahwa keunggulan dalam perencanaan dan pelaksanaan pemasaran digital adalah langkah utama untuk mencapai keberhasilan dalam persaingan bisnis yang ketat dewasa ini, Kami pun yakin dapat membantu Anda meraih kesuksesan seperti client-client Kami lainnya!

 

 

 

 

 

{f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}({f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}dslc_postpagination{f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}){f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}

{f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}({f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}dslc_authorbio{f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}){f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}

About us and this blog

We are a digital marketing company with a focus on helping our customers achieve great results across several key areas.

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

This form is currently undergoing maintenance. Please try again later.

More from our blog

See all posts
{f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}({f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}dslc_commentscount{f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}){f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}

Leave a Comment