Carousel : Pengertian dan Tips Memaksimalkannya

{f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}({f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}dslc_commentscount{f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}){f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}

Maxima Digital – Artikel kali ini kita coba angkat tentang Carousel, pengertian dan tips terkait dengannya. Topik ini kita angkat karena rupanya masih banyak pengguna internet yang mencari pengertian carousel, carousel itu apa, carousel adalah apa?

Media sosial sangat ideal untuk membangun engagement dengan audiens, apalagi dengan adanya carousel yang akan membuat postingan lebih interaktif. Carousel cukup menarik perhatian pengguna platform media sosial terutama instagram. Penggunaannya pun bukan hanya untuk pribadi, tapi juga untuk bisnis. Apakah angka engagement media sosialmu rendah? Konten carousel adalah salah satu solusi untuk dapat meningkatkan engagement media sosial Anda.

Simak artikel ini yuk!

carousel adalah

Apa itu Carousel ?

Carousel adalah format konten media online seperti website atau media sosial yang menampilkan beberapa gambar atau video dalam satu postingan. Carousel post sendiri bersifat interaktif. Audiens bisa menggeser deretan gambar yang ada di dalamnya dengan scroll ke kiri atau kanan.

Namun, apa sih sebenarnya fungsi carousel, terutama untuk bisnis?

Apa Saja Fungsi Carousel?

Meski konsepnya sederhana, carousel menawarkan enam fungsi  yang berguna bagi upaya pemasaran bisnis Anda di media sosial, yaitu:

1. Meningkatkan Engagement Rate

Engagement rate yang baik akan memperkuat online presence bisnis di media sosial. Kabar baiknya, konten carousel terbukti meningkatkan engagement rate hingga 1,92{zxxxz}.

2. Mengumumkan Produk Baru

Carousel memudahkan Anda untuk menunjukkan keunggulan produk baru dengan lebih leluasa. Setiap slide gambar di konten bisa mengilustrasikan fitur-fitur produk, baik berupa gambar maupun video.

3. Mempromosikan Event

Carousel juga cocok untuk mendukung community marketing, seperti mempromosikan event bisnis. Dengan ini, informasi event bisa dibuat menarik dan lebih mudah dipahami audiens.

4. Mempermudah Posting Tutorial Singkat

Edukasi audiens berupa tutorial produk atau layanan akan lebih mudah dengan konten carousel. Tutorial produk yang umumnya terlalu panjang untuk dimasukkan ke caption, bisa difasilitasi dengan slide-slide konten.

5. Menunjukkan Proses dan Hasil Pekerjaan Anda

Carousel cukup efektif untuk menunjukkan proses dan hasil pekerjaan Anda. Misalnya berupa foto “before-after” dalam dua slide atau berbagai langkah pengerjaan proyek yang Anda lakukan dalam beberapa slide.

6. Menampilkan Testimoni Konsumen

Adanya carousel memudahkan Anda untuk memasang berbagai testimoni pelanggan yang menunjukkan kredibilitas bisnis. Jadi, strategi pemasaran dengan social proof akan lebih efektif dilakukan.

Tips Memaksimalkan Carousel Post

1. Tunjukan Carousel ke Audiens yang Tepat

Carousel post memang dapat meningkatkan engagement dan CTR dengan follower media sosial, tapi kesuksesannya tetap ada di Anda.  Jangan sampai bersusah payah membuat konten dengan budget besar tapi hasilnya tidak maksimal. Agar terhindar dari masalah tersebut, lakukan dua langkah berikut:

Pertama, tentukan marketing funnel, jenis-jenis konten untuk setiap tahapan funnel, dan target audiens-nya. Tanpanya, tujuan konten Anda tidak jelas dan hasilnya bisa saja tidak sesuai harapan.

Kedua, manfaatkan fitur targeting iklan dengan baik. Anda bisa mengatur iklan agar ditampilkan kepada audiens yang memiliki usia, pekerjaan, dan minat tertentu sesuai dengan target audiens produk yang akan Anda jual.

2. Dukung Carousel dengan Copy di Gambar

Konten carousel memang berfokus pada visual yang menarik. Namun, menambahkan copy atau teks di slide juga tak kalah penting. Contohnya, Anda ingin membuat konten untuk mempromosikan sebuah produk. Alih-alih menjelaskan keunggulan produk di caption, jelaskan keunggulan produk pada slide foto, agar lebih mudah dipahami.

3. Gunakan Slot Carousel Secukupnya

Carousel memungkinkan Anda untuk memasang hingga sepuluh gambar dan video dalam satu postingan dan iklan. Meski demikian, bukan berarti Anda harus selalu menggunakan kesepuluh slot tersebut. Gunakan slot konten sesuai kebutuhan Anda seperti contoh konten post Maxima Digital berikut ini:

 

 

Meskipun postingan tersebut hanya memiliki tiga slide, tujuannya dapat tercapai dengan baik. Informasi tersebut dapat mengajak audiens untuk meningkatkan engagement di Instagram.

4. Berikan Call-to-Action yang Sesuai

Call-to-action harus sesuai dengan link yang Anda sematkan. Jika tidak, bisa berimbas ke customer experience yang kurang baik karena akan dianggap kurang profesional atau sekadar clickbait. Sebagai contoh, ketika melihat iklan dengan CTA berbunyi “beli sekarang”, audiens berasumsi linknya menuju halaman produk atau layanan. Jadi, jangan arahkan ke homepage karena akan menambah langkah audiens yang ingin membeli produk.

5. Tunjukkan Beberapa Promo Sekaligus untuk Menarik Audiens

Rata-rata penggunaan media sosial di Indonesia selama 3 jam 14 menit. Karena cukup lama, tak masalah kalau Anda ingin menampilkan beberapa promo produk sekaligus di media sosial. Ini cukup efektif untuk menampilkan beberapa promo dengan menarik. Jadi, audiens bisa tahu lebih lengkap tentang produk atau layanan Anda. Jangan lupa sematkan CTA yang relevan dan mengarahkan ke halaman produk, ya.

Siap Membuat Carousel Post ?

karousel adalah postingan atau iklan di media sosial yang interaktif dengan menampilkan beberapa gambar atau video sekaligus. Dengan format tersebut, postingan Anda bisa mendapatkan engagement rate yang lebih tinggi dibandingkan dengan konten biasa.

Meski tampilan dan ketentuannya berbeda, fungsi tetap sama,  yaitu:

  • Mengumumkan produk baru
  • Mempromosikan event
  • Memposting tutorial singkat
  • Menunjukkan proses dan hasil layanan Anda
  • Menampilkan testimoni

Jika Anda belum punya waktu yang cukup untuk mengatur instagram carusel feed Anda dan juga ingin meningkatkan Engagement bisnis Anda? Maxima Digital Creative Agency dapat membantu. Sebagai salah satu Digital Agency di Tangerang , Maxima Digital didukung oleh para tenaga profesional di bidang Jasa Kelola Instagram.

Maxima Digital mengintegrasikan ide kreatif dan teknologi untuk membantu perkembangan bisnis Anda. Berdasarkan keyakinan bahwa keunggulan dalam perencanaan dan pelaksanaan pemasaran digital adalah langkah utama untuk mencapai keberhasilan bisnis, maka Manajemen Media Sosial sudah menjadi keharusan. Dan kami pun yakin dapat membantu Anda meraih kesuksesan seperti client-client Kami lainnya!

{f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}({f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}dslc_postpagination{f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}){f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}

{f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}({f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}dslc_authorbio{f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}){f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}

About us and this blog

We are a digital marketing company with a focus on helping our customers achieve great results across several key areas.

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

This form is currently undergoing maintenance. Please try again later.

More from our blog

See all posts
{f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}({f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}dslc_commentscount{f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}){f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}

Leave a Comment