Cara Menggunakan WordPress dengan Mudah

No Comments

cara menggunakan wordpress

Maxima DigitalCara menggunakan wordpress pada dasarnya tidaklah sulit sama sekali. Anda cukup pahami saja secara umum fitur-fitur yang tersedia. Fitur tersebut mulai dari pembuatan halaman, menu, pengubahan permalink, hingga penerbitan artikel.

Pada artikel ini kami akan membagikan tutorial wordpress Indonesia dan akan membahasnya secara detail bagaimana cara mengoperasikannya. Tidak lupa pula termasuk cara edit WordPress dan belajar WordPress sudah termasuk di dalamnya.

Cara Menggunakan WordPress

1. Login ke Dashboard WordPress

Tahapan sebelum ini tentunya anda harus melakukan instalasi WordPress terlebih dahulu. Langkah berikutnya setelah instalasi, agar anda dapat mengelola sebuah website maka anda harus melakukan login ke dashboard WordPress. Untuk melakukan hal tersebut, anda dapat mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

a. Akseslah URL dari dashboard admin WordPress yang anda miliki, defaultnya biasa berupa namadomainanda.com/wp-admin.

b. Langkah selanjutnya adalah memasukkan username dan password yang anda buat saat anda melakukan instalasi.

 

2. Ganti Tampilan

Umumnya, tampilan yang WordPress sediakan kepada anda tidak langsung sesuai dengan kebutuhan dan juga kurang menarik. Oleh karenanya, anda dapat mengganti tampilan hingga sesuai dengan kebutuhan anda.

Untuk melakukannya sangat mudah. Anda hanya perlu melakukan instalasi tema, baik gratis maupun berbayar. Berikut ini caranya.

a. Pertama-tama anda perlu melakukan login ke dashboard admin WordPress seperti sebelumnya. Setelah itu, anda dapat memilih menu Appearance > Themes.

b. Setelah itu, akan muncul sebuah halaman yang menyuguhkan tema WordPress yang tadi anda sudah install. Untuk menginstall tema baru lainnya, anda dapat mengklik tombol Add New

c. Terdapat dua pilihan cara menginstal tema WordPress ini, manual melalui Upload Theme. Yang kedua langsung secara otomatis di dashboard WordPress.

d. Klik tombol Install pada tema yang anda pilih. Kemudian klik tombol Preview untuk melihat bagaimana tampilannya.

e. Klik tombol Activate, agar tema tersebut menjadi tampilan utama pada website anda.

 

3. Instalasi Plugin

Jika anda sudah melakukan instalasi tema pada website WordPress anda, maka langkah berikutnya adalah menginstal plugin.

Hal yang sudah sangat jelas bahwa WordPress memiliki kelebihan pada plugin yang tersedia di dalamnya. Plugin ini memiliki fungsi yang sangat sesuai dengan kebutuhan penggunanya, baik itu plugin gratis maupun berbayar.

Bayangkan saja, anda dapat menambahkan berbagai fitur untuk menunjang performa website anda, tanpa harus memahami pemrograman website. Plugin tersebut di antaranya plugin gallery, plugin SEO, plugin page builder, plugin toko online, dan masih banyak plugin-plugin menarik lainnya.

Untuk menginstal plugin ini, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini. Jangan lupa untuk login terlebih dahulu di dashboard WordPress.

a. Pilih menu Plugins > Add New

b. Setelah itu, akan muncul tampilan daftar plugin yang dapat anda gunakan secara gratis. Anda dapat memasukkan kata kunci terkait plugin yang anda inginkan atau bisa juga dengan memilih berdasarkan kategori Featured,Popular, Recommended, dan Favorites.

c. Setelah instalasi selesai, aktifkan dengan menekan Activate

 

4. Tambahkan Halaman

a. Pilih menu Pages > Add New

b. Tambahkan Judul Halaman

c. Tambahkan Konten

d. Setelah pengaturan selesai, anda dapat menerbitkannya dengan menekan tombol Publish. Namun, jika anda belum ingin menerbitkannya anda juga dapat memilih Save Draft

 

5. Tambahkan Menu Navigasi

Tentunya anda jangan sampai melewatkan hal yang satu ini, yaitu menu navigasi. Tujuannya agar pengunjung dapat dengan mudah menemukan konten-konten bermanfaat yang anda publish. Ada beberapa menu navigasi yang harus ada di dalam sebuah website, seperti menu kontak, kategori, dan sejenisnya. Semua hal itu tergantung kepada jenis website anda.

Beruntungnya, WordPress sangat memudahkan penggunanya dalam membuat menu navigasi. Sehingga anda tidak kesulitan dan pengunjung pun dapat dengan mudah menemukan konten-konten bermanfaat yang anda publish.

Ada beberapa pilihan menu yang dapat anda tambahkan di WordPress, seperti halaman, kategori, maupun tautan custom.

Untuk membuatnya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

a. Pastikan anda sudah login di dashboard, lalu pilih menu Appearance > Menus

b. Kemudian akan tampil halaman editor menu, anda dapat memasukkan nama menu pada kolom Menu Name, lalu klik Create Menu.

c. Centanglah halaman pada kolom Pages, lalu klik tombol Add to Menu, pilih lokasi menu, pada contoh ini kamu mencentang Primary Menu, Lalu anda dapat menyimpan perubahan dengan klik Save Menu.

 

6.Terbitkan Artikel

Setelah mengatur penampilan website anda sesuai keinginan anda, sekarang waktunya bagi anda untuk menerbitkan artikel atau konten.

Tapi sebelumnya, anda harus melakukan pengaturan pada permalinks. Pilih menu Settings > Permalinks

Lalu pilih Post Name dan klik Save Changes untuk menyimpan perubahannya. Baru lah sekarang kita membahas cara penerbitan artikel. Silahkan pilih Posts > Add New.

a. Masukkan artikel dan judul pada kolom yang tersedia

b. Blok kalimat atau kata dalam artikel dan masukkan alamat tautan untuk menambahkan tautan di dalam artikel anda

c. Pilih menu Add Media untuk menambahkan gambar

d. Silahkan tentukan kategori, jika belum silahkan klik  +Add New Category.

e. Tambahkan tag pada sub menu Tags di menu Categories

f. Tambahkan gambar utama dari Featured Image > Set Featured Image

g. Terbitkan artikel dengan klik Publish

 

KESIMPULAN

Itulah 6 cara atau tutorial menggunakan WordPress. Harapan kami, anda dapat langsung mempraktekkannya dan konten atau artikel anda akan segera muncul di SERP. Tentunya, untuk membuat sebuah artikel yang baik harus mengikuti kaidah SEO. Penerapan artikel SEO tersebut dapat masuk ke halaman pertama di Google. Namun, penerapan SEO yang kurang tepat, justru akan membuat kualitas dari website tersebut menurun.

 

Oleh karena itu, Maxima Digital Indonesia hadir untuk membantu anda dalam menyusun artikel dan website sesuai dengan kaidah SEO. Sekian artikel kali ini, semoga anda mendapatkan manfaatnya. Jangan lupa untuk membaca konten kami lainnya yang membahas seputar SEO secara lebih detail. Terima kasih.

 

Baca juga disini : 

Apa itu SSL ? Bagaimana Cara Kerja SSL?

Cara Membuat Artikel SEO Friendly

 

About us and this blog

We are a digital marketing company with a focus on helping our customers achieve great results across several key areas.

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

More from our blog

See all posts

Leave a Comment