Cara Membuat Slider di WordPress dengan Mudah

No Comments

cara membuat slider di wordpress

Maxima Digital – Saat anda melakukan kunjungan ke sebuah situs website, kadang kala anda dapat melihat gambar yang bergerak secara otomatis bukan? Bagian tersebut, lazimnya menampilkan sesuatu yang bersifat informatif seperti gambaran produk maupun promo. Nah, fitur yang berfungsi untuk menampilkan gambar bergerak seperti ini bernama sliders atau anda dapat juga menyebutnya dengan nama carousel. Memasang slider di website tidaklah sulit. Terlebih lagi, banyak manfaat yang dapat anda manfaatkan pada fitur yang satu ini. Oleh karena itu, pada konten kali ini kami akan membahas cara membuat slider di WordPress dengan mudah.

Baca juga : Cara Membuat Favicon

Cara Membuat Slider di WordPress

Fitur slider ini tidak terpasang secara otomatis pada WordPress. Jadi, anda harus memasangnya sendiri agar anda dapat menikmati fitur tersebut. Untuk itu, anda harus menginstall plugin yang berfungsi untuk menambahkan fitur slider ini ke dalam tema. 

Plugin itu sendiri memiliki beberapa macam yang tersedia di WordPress. Namun, khusus di artikel ini kami hanya akan membahas mengenai plugin Master Slider untuk membuat slide post di WordPress.

Ada berbagai fitur yang terdapat pada Master Slider. Fitur-fitur ini dapat anda pasangkan dengan opsi yang sudah tersedia. Menariknya, bukanlah perkara sulit bagi kita semua untuk menggunakan plugin ini, bahkan bagi orang awam sekalipun.

Untuk menginstal slider menggunakan plugin ini, ada tiga langkah yang harus anda lakukan. Simak di penjelasan kami berikut ini.

1. Buat Slider di WordPress dan Menambahkan Media

Pertama-tama, instal master slider melalui plugin yang terdapat pada dashboard WordPress. Dashboard > Plugin > Add New

Setelah plugin ini berhasil anda install dan aktif, langkah selanjutnya adalah mencari tab Master Slider di dashboard. Kemudian anda dapat mengklik Create New Slider untuk menambahkan slider yang baru pada website yang anda miliki. 

Setelah anda menekan tombol Create New Slider, anda akan mendapatkan pilihan untuk memilih tipe slider seperti apa yang ingin anda buat.

Tentunya, anda dapat memilih Sample Sliders mana yang sesuai dengan kebutuhan anda. Contoh kali ini, kami menggunakan Slider with Horizontal Thumbnails. Selanjutnya, anda akan otomatis menuju ke pengaturan slides. Lalu pada tab ini, anda dapat menambahkan ke slider dengan WordPress uploader atau anda juga dapat memilih sendiri gambar yang suda tersedia di media penyimpanan anda.

Pada menu ini, anda mempunyai kapasitas untuk melakukan penambahan foto atau gambar yang anda sukai. Setelah semuanya selesai, anda sudah dapat menggunakan gambar slider. Namun, anda jangan buru-buru menutupnya, karena ada beberapa pengaturan yang harus anda sesuaikan

2. Konfigurasikan Slider

Masih pada menu yang sama, saat anda melakukan scroll ke bawah terdapat berbagai pengaturan slider lainnya. Pada pengaturan ini, anda dapat melakukan penyesuaian pada tampilan dan berbagai fitur tambahan melalui menu di bawahnya.

Pilihan pengaturan yang pertama adalah Background. Anda dapat melakukan konfigurasi gambar background, teks, warna, dan fill mode untuk setiap slider. Lebih dari itu, anda dapat memilih Thumbnail dari background yang anda tambahkan.

Kemudian, di samping tab Background terdapat tab video and Link. Tab ini dapat anda gunakan untuk menambah link URL ketika ada pengunjung yang mengklik. Anda dapat memilih untuk menampilkan halaman sumber atau anda bisa juga mengarahkannya ke halaman yang lainnya melalui tab ini.

Setelah anda menyelesaikan memasukkan beberapa pengaturan tambahan, ini artinya anda telah menyelesaikan pengaturan slider untuk website anda. Hal yang selanjutnya perlu anda lakukan adalah mereview slider yang telah anda kerjakan. Caranya cukup mudah, scroll ke bawah dan anda dapat melihat tampilan slider yang muncul di website.

Selanjutnya, lanjutkan pengaturan melalui Tab Slider Setting, Slider Control, dan Slider Callbacks. Ketiga tab ini dapat anda pergunakan untuk pengaturan slider yang lain.

Terakhir, jangan lupa untuk Save Change untuk menyimpan pengaturan baru yang telah anda tetapkan.

3. Menampilkan Slider 

Langkah terakhir yang wajib anda lakukan yaitu menambahkan slider tersebut ke dalam halaman postingan anda yang anda tujukan untuk memberi slider di dalamnya.

Setelah tadi anda selesai membuat slider, anda akan menemukan list slider. Di setiap list memiliki shortcode di sampingnya. Dengan begitu, anda tinggal salin saja shortcode yang tersedia ke dalam halaman yang anda tuju.

 

KESIMPULAN

Anda tentunya dapat memasang slider di WordPress dengan cara manual, tetapi jika anda menggunakan bantuan plugin dalam pemasangannya, proses pengerjaannya menjadi lebih sederhana dan praktis. Hanya dengan melakukan instalasi dan aktivasi plugin, anda sudah bisa memasang slider tersebut. Tidak hanya itu, penggunaan interface yang sederhana membuat proses konfigurasi menjadi mudah untuk anda mengerti.

Semoga artikel kali ini dapat memberikan manfaat untuk anda yang membacanya. Jangan lupa untuk menekan tombol Subscribe agar anda tidak ketinggalan artikel-artikel bermanfaat selanjutnya. Sekian artikel kali ini, terima kasih.

 

About us and this blog

We are a digital marketing company with a focus on helping our customers achieve great results across several key areas.

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

More from our blog

See all posts

Leave a Comment