Bagaimana Cara Membuat Link Dofollow dan Nofollow?

No Comments

cara membuat link dofollow

Pembahasan mengenai cara membuat link dofollow dan nofollow erat kaitannya dengan backlink, atau biasa juga disebut dengan backlink dofollow dan backlink nofollow. Pembahasan mengenai link ini memang tidak terlalu rumit, namun bukanlah hal yang sepele. Karena jika anda menempatkan dan menggunakan opsi link ini dengan benar, maka anda dapat menaikkan artikel atau konten atau anda ke peringkat atas di SERP. Bagaimana cara mendapatkan backlink dofollow ini ? Dan bagaimana cara membuat link dofollow ?

Mari simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Backlink Dofollow?

Sebelum kita memulai pembahasan cara membuat link dofollow, ada baiknya kita pahami dulu apa itu backlink dofollow. 

Dofollow adalah suatu atribut HTML yang mempunyai tugas untuk memberikan kode kepada Google dan mesin pencari lainnya untuk  mengikuti ‘nilai SEO’ ke tautan tertentu. Sederhananya, atribut HTML ini membuat mesin pencari seperti Google mengikuti link atau URL yang ada.

Tipe link ini sebenarnya sudah bersifat default, artinya anda sudah tidak perlu melakukan konfigurasi apapun lagi. Karena secara otomatis Google akan “mengikuti” semua link yang ada pada sebuah artikel atau konten.

Biasanya link dofollow terdapat pada kata kunci yang menjadi target. Tujuannya adalah untuk memperkokoh nilai SEO dari artikel tersebut.

Kebalikan dari dofollow, tautan nofollow justru bertujuan untuk membuat Google tidak mengikuti link yang tersemat pada artikel. Link nofollow berguna untuk menangani link yang bersifat “jelek”.

Manfaat Dofollow dan Nofollow Link

Secara sederhana ada beberapa kegunaan menggabungkan antara dofollow dengan nofollow.

Link Dofollow

Berikut ini beberapa kelebihan dofollow jika anda menerapkannya di website:

  1. Link yang ada di dalam website dapat menjadi sebuah backlink.
  2. Pagerank website dapat naik sebab pengunjung yang semakin meningkat melalui peringkat search engine yang bagus.

Sedangkan kekurangan dofollow link sebagai berikut :

  1. Banyaknya komentar spam yang dapat masuk ke dalam kolom komentar. Komentar ini berisi hal-hal yang tidak sesuai dan jauh dari topik pembahasan artikel.
  2. Link yang terlalu banyak dapat menyebabkan Google menjatuhkan sanksi kepada anda.

Link Nofollow

Walaupun kebanyakan orang tidak sering menggunakannya, nofollow dapat bermanfaat untuk bermacam hal, contohnya:

  1. Menjaga kualitas dari SEO agar tidak turun di search engine
  2. Mengurangi komentar spam yang tidak sesuai dengan artikel
  3. Link menjadi lebih terkontrol dan hal ini tentunya membuat Google lebih mudah mengikutinya.

Meskipun begitu, link jenis ini tidak luput dari kekurangan. Kekurangannya terletak pada tidak mampunya tautan nofollow dalam memberikan pengaruh (SEO) untuk link tujuannya.

Umumnya, tautan dofollow maupun nofollow telah mempunyai tempat masing-masing. Sebagian besar pengguna atau pengelola website sudah biasa memakai link nofollow dan dofollow di dalam konten website mereka. Tujuannya sederhana, yaitu tidak lain adalah untuk meningkatkan value SEO dan juga mempermudah arah pengunjung yang berkunjung ke artikel tersebut, serta memudahkan Google dalam melakukan crawling.

Cara Membuat Link Dofollow dan Nofollow

Mungkin anda punya pemikiran bahwa cara pembuatan link dofollow atau rel nofollow di WordPress itu sulit. Tentunya tidak begitu, sama halnya dengan cara membuat backlink di WordPress.

Untuk menjawab keraguan dan kebingungan anda, kami akan menjabarkan dan menjelaskan secara rinci cara membuat link dofollow dan nofollow baik itu di WordPress ataupun menggunakan plugin.

Menambahkan Dofollow

Mudahnya, link yang anda tambahkan pada konten anda sudah otomatis menjadi link dofollow. Untuk membuat link tersebut, anda cukup ikuti saja panduan yang kami berika di bawah ini:

1. Pertama-tama, anda bisa menandai kata/teks yang ingin anda beri link nofollow maupun link dofollow. Lalu, anda arahkan kursor ke atas Gutenberg block editor dan klik icon seperti gambar di bawah atau tekan CTRL+k.

2. Salin URL tersebut dan tempel ke dalam kotak yang muncul.

cara mendapatkan backlink dofollow

 

3. Kemudian klik tanda  (⋮)  di dalam pengaturan link dan kemudian anda boleh klik “Open New Tab” agar saat pengunjung anda mengklik, akan langsung terhubung ke jendela yang baru.

backlink dofollow

Membuat Nofollow dengan WordPress

Menambahkan tautan nofollow hampir sama dengan dofollow, namun ada beberapa langkah lainnya yang perlu anda tambahkan. Jadi, anda harus mengikuti langkah-langkah untuk membuat link dofollow, baru kemudian anda dapat mengikuti langkah di bawah ini untuk mengganti nofollow menjadi dofollow.

1. Klik icon (⋮) di bagian atas block lalu pilih ‘Edit as HTML’.

nofollow

2. Setelah itu anda dapat melihat di dalam kode HTML. Add variabel rel=”nofollow” ke dalam baris link untuk membuatnya nofollow.

 

KESIMPULAN

Jika anda ingin meminimalisir spam dan komentar-komentar yang tidak terpaut dengan artikel anda, penting sekali bagi anda membuat link dofollow dan rel nofollow ini, mengingat spam-spam tersebut akan sangat merugikan website anda.

Bagi anda yang ingin menghemat waktu serta tidak ribet, anda dapat menyerahkan hal ini kepada agency yang sudah ahli dalam memaksimalkan SEO. Contohnya Maxima Digital Indonesia, sebuah agency yang sudah berpengalaman dalam peningkatan kualitas sebuah website/blog. Sekian artikel kami kali ini, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Sampai jumpa di artikel kami berikutnya.

Baca juga disini :

Apa Itu Anchor Text dan Cara Membuatnya

Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Cara SEO Website Menaikan Ranking

 

 

About us and this blog

We are a digital marketing company with a focus on helping our customers achieve great results across several key areas.

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

More from our blog

See all posts

Leave a Comment