Cara Membuat Artikel SEO Friendly

No Comments

Artikel SEO

Bagi anda yang sedang membangun sebuah bisnis maupun organisasi, pastinya akan menulis artikel sebanyak-banyak di website anda dan membuatnya menjadi artikel SEO Friendly. Hal itu anda lakukan dengan tujuan meningkatkan eksistensi anda di dunia maya. Dengan begitu, anda dapat mencapai target dengan lebih cepat.

Namun, perlu anda ketahui bahwa dalam menulis artikel itu tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Artikel yang baik adalah artikel yang ramah mesin pencari. Dengan begitu, blog website anda akan lebih mudah menjadi nomor satu di Google.

Agar anda dapat melakukannya, anda harus tahu terlebih dahulu cara membuat artikel SEO Friendly, yaitu artikel yang sudah teruji sesuai dengan algoritma Google terbaru dan juga menarik bagi pembaca atau audience anda. Namun, jika anda belum familiar dengan SEO, silahkan baca artikel kami mengenai Apa itu SEO?

Nah, khusus di artikel ini kami akan membahas 20 cara menulartikeis artikel SEO yang friendly. Penasaran bagaimana cara prakteknya? Mari simak selengkapnya.

7 Cara Membuat Artikel SEO Friendly yang Benar di 2021

1. Pilih Kata Kunci yang Tepat

Cara membuat artikel SEO Friendly yang pertama adalah menggunakan kata kunci yang tepat. Ciri dari kata kunci yang tepat ini, di antaranya memiliki volume pencarian yang besar, persaingannya relatif kecil, dan jangan lupa harus sesuai dengan niche blog website anda.

Untuk mendapatkan keyword yang tepat, anda harus melakukan riset kata kunci terlebih dahulu menggunakan tools riset kata kunci seperti Ubersuggest, KW Finder, dan Google Trends. Tenang saja karena ketiga tools di atas tidak berbayar.

2. Pahami Betul Intent Pengguna

Intent merupakan informasi yang pengguna inginkan ketika mengetikkan keyword tertentu di mesin pencari. 

Intent yang relevan dengan konten akan menjawab kebutuhan para pencari. Nah dengan begitu, para pencari akan berubah menjadi pengunjung bagi website anda. Jika para pengunjung tersebut betah berlama-lama karena konten yang anda tulis, maka Google akan menganggap konten anda bagus dan rating anda otomatis meningkat.

Untuk mendapatkan intent sangatlah mudah. Anda cukup melihat artikel pesaing anda di Google. Lalu buatlah konten yang lebih menarik dengan bahasan yang lebih mendalam.

3. Pilih Sudut Pandang yang Berbeda

Sebuah kata kunci dapat anda gunakan untuk membuat artikel dengan sudut pandang yang unik. Langkah ini tentunya efektif agar artikel anda terlihat lebih menonjol. Tapi hati-hati, anda wajib menyesuaikan dengan intent pengguna.

Misalnya, anda ingin menggunakan kata kunci “cara membuat kue”. Jika kompetitor anda memiliki artikel cara membuat kue ala restoran, anda dapat menulis artikel tentang “Cara Membuat Kue Rumahan dalam 3 Langkah”.

Dengan perbedaan seperti itu lah nantinya Google akan menilai bahwa artikel anda unik dan akan mendapatkan ranking yang tinggi.

4. Hindari Keyword Stuffing

Apa sih keyword stuffing itu? Keyword stuffing adalah perilaku seorang penulis artikel yang menggunakan kata kunci secara berlebihan. Tujuannya, bisa jadi agar lebih cepat muncul di halaman pencarian Google atau karena memang sudah kehabisan ide.

Terlalu banyak keyword kan dianggap spam oleh Google. Hal ini berkaitan erat dengan kenyamanan membaca dari audience anda. 

Praktik yang dianggap spam ini tentunya jauh sekali dengan standar kualitas Artikel SEO Friendly. Ujungnya, ranking website blog anda akan turun drastis. Oleh karena itu, gunakanlah kata kunci sewajarnya agar pembaca anda nyaman dan betah berlama-lama membaca tulisan anda.

5. Sisipkan Internal Link dan External Link

Internal Link merupakan link yang menghubungkan satu halaman ke halaman lain dalam satu website yang sama. Sedangkan External Link adalah link yang merujuk ke website lain.

Baik internal link maupun external link wajib anda sisipkan pada website/blog anda. Ini akan membuat Google dapat mengenali artikel anda dengan mudah. Bagi pelanggan, hal ini dapat menambahkan pengalaman yang menyenangkan karena akses ke halaman lain dengan mudah.

6. Optimasi Gambar

Anda tentunya harus menambahkan konten visual berupa gambar di dalam tulisan anda. Namun jangan lupa untuk melakukan optimasi pada gambar tersebut. Hal ini bertujuan untuk menghemat sumber daya penyimpanan, website/blog jadi lebih cepat, serta terjaganya kenyamanan pembaca.

Apa saja yang perlu anda lakukan untuk mengoptimasinya? Optimasi dapat anda lakukan dengan penamaan file yang sederhana, format gambar yang tepat, serta ukuran gambar yang tidak melebihi 50 kb.

7. Manfaatkan Plugin SEO

Plugin SEO sangat berguna untuk mengoptimalkan SEO anda. Kenapa demikian? Karena Plugin SEO ini dapat memberikan saran secara otomatis terkait artikel anda apakah sudah sesuai kaidah SEO atau belum.

Plugin yang kami sarankan adalah Yoast SEO. Kemampuan plugin ini mulai dari memastikan judul, jumlah kata, meta description, sebaran kata kunci, optimasi gambar, dan masih banyak lainnya.

KESIMPULAN

Jadi, itu dia tips cara membuat artikel SEO friendly !

Agar artikel SEO friendly, pada intinya anda harus menerapkan dan mengikuti kaidah SEO yang berlaku serta memperhatikan kenyamanan audiens anda. Jika anda ingin mempelajari dan mengenal SEO lebih lanjut bisa langsung saja hubungi kami, Maxima Digital Indonesia yang sudah berpengalaman dalam dunia SEO. 

Sampai jumpa di artikel kami berikutnya!

Baca juga disini :

Apa itu backlinks

Cara optimasi On page

About us and this blog

We are a digital marketing company with a focus on helping our customers achieve great results across several key areas.

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

More from our blog

See all posts

Leave a Comment