Brand Awareness Adalah Investasi Jangka Panjang

No Comments

Maxima Digital – Beberapa orang lebih suka menyebut nama barang dengan sebuah merek. Misalnya banyak orang lebih suka menyebut mencari informasi di internet sebagai Googling. Padahal ada banyak macam search engine seperti yandex, bing, dan lainnya. Menyebutkan merek adalah sebuah tanda dari brand awareness yang tinggi. Brand awareness adalah hal penting dan bisa menjadi investasi jangka panjang. Tapi kira-kira, bagaimana merek-merek di atas bisa memiliki brand awareness yang sangat kuat ? Artikel ini akan membahas apa itu brand awareness dan cara meningkatkan brand awareness.

brand awareness adalah

Apa Itu Brand Awareness?

Dalam bahasa Indonesia, brand awareness lebih dikenal dengan sebutan kesadaran merek. Brand awareness adalah kemampuan konsumen untuk langsung mengenali dan mengingat suatu merek hanya dengan melihat sesuatu, baik warna logo, image, dan lainnya yang menggambarkan identitas suatu merek. Kemampuan konsumen dalam mengenali dan mengingat suatu merek ini perlu di pahami karena akan menjadi faktor utama utnuk menentukan perilaku konsumen. Ketika mengambil keputusan untuk melakukan suatu pembelian.

Pemilik brand juga penting mempelajari perilaku konsumen demi meningkatkan kesadaran konsumen terhadap produk dan jasa yang Anda tawarkan. Sekaligus, untuk mengembangkan strategi promosi, penjualan, atau bahkan strategi pengembangan usaha secara keseluruhan. Sebelum Anda bisa memiliki suatu merek dengan tingkat kesadaran yang tinggi dari konsumen, Anda perlu melalukan branding terlebih dahulu. Apa itu branding ? Branding adalah sebuah proses atau usaha yang berguna untuk memberikan makna pada produk atau jasa. Untuk mengetahui lebih lanjut Anda bisa baca disini.

Anda selaku pemilik brand, perlu menciptakan image yang baik dan kuat ke dalam ingatan masyarakat. Dengan cara ini, produk atau jasa yang Anda miliki memiliki perbedaan antara produk atau jasa yang sudah beredar di pasaran. Tujuan dari brand awareness untuk meningkatkan loyalitas konsumen melalui banyak cara. Dalam proses branding demi menanamkan identitas merek, Anda bisa menciptakan suatu kesan yang mendalam. Terpenting adalah menjaga kualitas dan layanan yang selalu sama. Semakin kuat image yang Anda ciptakan, maka semakin kuat pula kesadaran konsumen akan merek yang Anda ciptakan. Jika loyalitas mereka meningkat maka promosi bagi produk Anda tanpa perlu Anda yang minta.

Manfaat Brand Awareness Bagi Pemilik Bisnis

Meningkatkan kesadaran akan merek sebuah produk atau jasa tertentu, maka akan mendatangkan reaksi dan feedback yang besar untuk perusahaan. Branding yang bagus bisa mengubah dan mendorong opini masyarakat menjadi positif dan akhirnya target pasar akan menjadi menjadi luas. Berikut ini 4 manfaat brand awareness bagi pemilik bisnis :

1. Meningkatkan Kesadaran dan Keberadaaan Merek

Masyarakat akan menyadari kehadiran sebuah merek apabila merek tersebut bisa menanamkan image yang unik yang bisa konsumen ingat dengan baik dan terkesan. Dalam hal ini, bisa berupa penggunaan logo, nama, simbol, atau lainnya. Buatlah iklan promosi yang unik, berkesan, dan membuat konsumen selalu ingat akan merek Anda. Semakin konsumen mengingat merek Anda, maka hal ini bisa meningkatkan kesadaran dan keberadaan merek Anda. Efek positifnya, konsumen pergi kemana pun akan lebih memilih merek Anda dibandingkan merek kompetitor lainnya.

2. Menarik Pelanggan Baru

Jika sebuah branding mampu meninggalkan kesan yang baik dan mendalam, bisa berpeluang mendatangkan lebih banyak pelanggan baru. Apalagi kalau produk dengan merek Anda tadi memiliki kualitas yang bagus dan bisa memenuhi apa yang diinginkan konsumen. Hukum pemasaran mengatakan bahwa satu konsumen yang puas dengan merek produk atau jasa Anda maka ia akan mengajak 10 orang temannya untuk menggunakan produk dari merek yang sama. Promosi dari mulut ke mulut seperti ini masih berlaku hingga sekarang.

3. Meningkatkan Nilai Jual

Branding yang bagus akan meningkatkan brand awareness. Jika peningkatan tersebut didukung dengan kualitas produk atau jasa serta layanan pendukung lainnya yang sangat baik. Tidak heran, jika Anda menaikkan harga, konsumen akan tetap memberi produk atau jasa Anda. Ada banyak cara untuk meningkatkan nilai jual produk atau jasa Anda. Seperti, packaging yang unik, penjualan dengan sistem bundling, atau banyaknya review positif dari pelanggan setia yang puas dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

4. Meningkatkan Kepercayaan

Menggunakan cara branding yang benar dan profesional bisa meningkatkan banyak sekali kepercayaan yang datang dari konsumen maupun investor. Karena itu, susun dan bangunlah branding dengan menekankan pada expertise dalam bidang tertentu.

5 Cara Meningkatkan Brand Awareness

cara meningkatkan brand awareness

1. Partnering

Bekerja sama dengan merek lain akan memperkenalkan bisnis Anda ke calon pelanggan dari segmen pasar yang berbeda. Bisa dibilang saling bertukar pelanggan dengan brand yang diajak berpartner. Partnering merupakan strategi untuk menghindarkan pelanggan dari rasa jenuh. Terutama jika bisnis Anda sudah memiliki produk dan karakter branding. Dengan mengajak brand lain, Anda bisa bereksperimen untuk membuat dan memasarkan produk limited edition.

2. Infografik

Banyak pengguna internet menyukai visual dibandingkan teks. Dengan infografik ini bisa mencapai brand awareness yang luas. Tampilan visual macam infografik tak hanya sekedar disukai juga memiliki dampak positif bagi pemilik bisnis. Sebuah website yang menampilkan infografik bisa mendatangkan tambahan visitor.

3. Referral Program

Referral programs bekerja seperti halnya promosi mulut ke mulut. Anda mempromosikan produk atau jasa ke temen, saudara, atau kerabat. Dengan begitu produk atau jasa yang dipromosikan bisa dikenal lebih luas. Ada sedikit perbedaan antara referral programs dengan promosi konvensional pada umumnya. Promosi mulut ke mulut biasanya tak melibatkan insentif bagi pihak yang di promosikannya. Di sisi lain, memberikan insentif ketika pengguna berhasil mengajak orang lain menggunakan produk tersebut. Jadi, bisa dibilang program referrak ini untuk memaksimalkan keberhasilan promosi mulut ke mulut.

4. Free Content

Banyak orang bergantung pada search engine untuk menemukan konten yang diperlukan. Beberapa mungkin adalah calon pelanggan Anda. Jadi, kenapa tidak menggunakan free content ke dalam strategi marketing Anda? Perusahaan yang mempublikasi lebih dari 18 blog post per bulan bisa memperoleh lebih banyak traffic dan lead lebih banyak dibandingkan perusahaan yang hanya mempublikasikan nol sampai empat post per bulan. Sehingga, sangat disayangkan jika Anda belum memberikan free content ke dalam strategi marketing Anda.

Selain dilihat sebagai organic traffic, konten juga dilihat sebagai sisi sebuah brand. Melalui konten Anda bisa mengubah image brand yang kaku menjadi lebih manusiawi. Dengan membuat konten yang berbagi cerita, atau informasi tips seperti halnya teman. Cara ini membuat Anda lebih dekat dengan pelanggan. Anda tak perlu terpaku dengan bentuk konten berupa artikel. Ada banyak bentuk konten seperti podcast, video dan lainnya.

5. Influencer Marketing

Influencer marketing merupakan strategi promosi yang populer sejak kemunculan Instagram. Anda bisa bekerja sama dengan para influencer supaya mereka mempromosikan produk atau jasa Anda. Berbekal followers si selebgram yang banyak. Anda bisa meningkatkan bran awareness ke segmen pasar yang spesifik. Cara marketing ini sangat efektif dipakai ketika baru merilis sebuah produk ataupun jasa. Dengan kepopuleran dan jangkauan luas influencers, kesadaran merek sebuah bisnis bisa terangkat dengan seketika.

Baca lengkapnya disini : Apa itu Influencer? 5 Tips Memilih Influencer

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menjalankan influencer marketing. Buatlah cukup banyak konten sebelum mempromosikan brand ke influencer. Selain itu branding secara internal juga perlu di perkuat. Branding bisa dalam bentuk media sosial, logo, dan penyampaian nilain brand yang konsisten. Dengan memastikan itu, strategi influencer marketing bisa berjalan lebih efektif. Jumlah reach dan engagement yang tinggi tidak akan sia-sia. Lebih mudah mengubah target pasar potensial menjadi konsumen.

Indikator Keberhasilan Brand Awareness

Berikut ini adalah indikator keberhasilan Anda dalam meningkatkan Brand Awareness secara kualitatif dan kuantitatif yang bisa membantu Anda mengevaluasi keberhasilan marketing.

1. Traffic Website

trafik website menunjukkan seberapa banyak pengujung yang tertarik dan mengikuti brand Anda. Lewat jumlah trafik, Anda bisa mengetahui konten dan produk apa yang menarik dan potensial untuk dipromosikan. Anda juga bisa tahu bagian apa yang kurang di minati. Anda hanya perlu mengoptimasi konten menjadi SEO Friendly sehingga agar lebih menarik lagi dan menjangkau banyak traffic.

Baca juga disini :Cara Membuat Artikel SEO Friendly

2. Engagement Media Sosial

Engagement yang baik di tunjukkan lewat jumlah followers, like, dan comment yang terus meningkat. Setidaknya mempertahankan followers atau tidak kehilangan followers.

3. Survey

Anda pasti tak asing lagi dengan survey, kan? Melalui survey, Anda bisa bertanya ke beberapa pelanggan mengenai pengetahuan mereka tentang brand Anda. Jadi, Anda bisa benar-benar tahu bagaimana kondisi di lapangan tentang brand awareness Anda.

Meski bukan indikator mutlak, ketiga hal tersebut akan memberikan sedikit gambaran soal brand awareness yang tengah di bangun. Selain memantau ketiga hal ini, akan lebih penting bagi pemilik bisnis untuk menjaga interaksi yang organik dengan calon pelanggan.

Kesimpulan

Meningkatkan brand awareness ternyata bukan cuma soal baliho besar dan iklan di mana-mana. Ternyata, ada begitu banyak cara supaya sebuah bisnis bisa memiliki brand awareness yang tinggi.

Apapun bisnis yang Anda jalankan, semoga artikel membantu Anda menemukan cara yang tepat untuk meningkatkan brand awareness.

About us and this blog

We are a digital marketing company with a focus on helping our customers achieve great results across several key areas.

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

More from our blog

See all posts

Leave a Comment