Apa itu Influencer? 5 Tips Memilih Influencer

No Comments

Maxima Digital – Di era digital ini, pemasaran dan promosi juga menggunakan media digital untuk memperkuat dan memperluas jangkauan customer sekaligus untuk membesarkan branding. Salah satunya dengan menggunakan jasa seorang influencer. Lalu apa itu influencer ? Apa saja manfaat bila Anda menggunakan jasa seorang influencer ? Di artikel ini juga kami akan memberikan 5 tips memilih influencer yang baik.

apa itu influencer

Apa itu Influencer ?

Influencer adalah seseorang yang memiliki followers atau pengikut yang banyak di sebuah platform media sosial yang bisa memberikan banyak pengaruh terhadap masyarakat. Mereka bisa berupa selebritas, selebgram, youtuber, blogger, ataupun seorang public figure yang dianggap penting di komunitas tertentu.

Biasanya, seorang influencer memiliki ribuan atau bahkan jutaan followers di media sosial. Mereka yang mempunyai pengaruh besar kepada audience bisa di bilang seorang pemberi pengaruh. Pengaruh adalah kekuatan seorang pemberi pengaruh. Mereka bisa menjadi trend setter di skala kecil maupun skala besar. Sehingga, banyak pemilik bisnis yang menggandeng seorang pemberi pengaruh untuk mempromosikan produknya. Inilah yang kemudian dikenal sebagai influencer marketing.

Influencer marketing adalah strategi pemasaran seorang pembisnis yang menggandeng seorang influencer untuk meningkatkan brand awareness sehingga mencapai target penjualan sesuai dengan target pasar yang di tentukan.

5 Manfaat Influencer Marketing Bagi Pemilik Bisnis

Berikut ini 5 manfaat bila pemilik bisnis mengajak seorang influencer untuk membantu mempromosikan produknya :

1. Menjangkau Lebih Banyak Konsumen

Beberapa pemilik bisnis lebih memilih untuk mempromosikan produk lewat iklan, baik cetak maupun elektronik. Namun, sebagian mereka melewatkan iklan tersebut. Jika pemasaran produk menggunakan seorang influencer melalui sosial media, blog, ataupun youtube tentu bisa menjangkau lebih banyak konsumen. Karena jumlah pengguna aktif sosial media di Indonesia mencapai 150 juta jiwa dengan rata-rata waktu akses hingga 3,5 jam per hari.

Dengan menunjuk seorang public figure yang mampu menyajikan konten yang menarik tentang informasi produk Anda. Tentu akan berpeluang untuk menjangkau konsumen lebih banyak dan bisa tercapai dengan mudah. Intinya, setiap aktivitas dari seorang influencer selalu menjadi pusat perhatian followersnya. Bahkan, jika menyasar komunitas tertentu menggunakan influencer mikro tentu lebih pas.

2. Membuat Konsumen Lebih Percaya Produk Anda

Mempromosikan produk secara konvensional, tentu akan membutuhkan waktu yang relatif lebih lama untuk menyakinkan calon customer Anda. Namun, jika menggunakan seorang public figure, kepercayaan konsumen pada produk tersebut bisa langsung terbentuk. Karena mereka memiliki pengalaman dan menyakinkan followersnya. Jika mereka menggunakan produk Anda, sangat mudah bagi followersnya untuk lebih percaya produk Anda. Faktanya 53% konsumen wanita melalukan pembelian produk setelah melihat postingan dari influencernya.

Semakin banyak orang yang mengetahui produk Anda, semakin berpeluang untuk meningkatkan penjualan yang akan dihasilkan.

3. Membangun Kedekatan dengan Konsumen

Jasa influencer bisa membangun kedekatan konsumen dengan brand Anda. Anda harus pintar dalam memilih orang yang cocok untuk menjadi target pasar produk Anda. Salah satu cara untuk membangun kedekatan dengan konsumen yaitu dengan menggunakan seorang public figure yang benar-benar menyukai produk Anda. Namun, harus diingat bahwa influencer premium tidak selalu menjamin kesuksesan pemasaran mengingat kemungkinan adanya followers palsu yang dimilikinya.

Sebagian besar, influencer mikro menggunakan produk tersebut sebelum mempromosikannya atau merekomendasikannya. Sehingg, bagi followersnya hal itu akan lebih nyata. Dengan kondisi ini kedekatan konsumen dengan produk tersebut bisa terbangun lebih kuat.

Dengan menggunakan sosial media, komunikasi dua arah pun bisa tercipta. Hal ini memberikan kesempatan kepada followers untuk mengkonfirmasi kebenaran rekomendasi yang diberikan influencer yang bersangkutan.

4. Memperbanyak Followers

Bisnis Anda akan mendapatkan banyak followers setelah melakukan endorsement dari seorang influencer. Maka dengan banyaknya followers pada akun sosial media bisnis Anda, akan meningkatkan kepercayaan di mata calon customer terhadap akun sosial media milik Anda. Sehingga para calon customer tidak ragu apakah akun sosial media yang Anda miliki fake atau tidak.

5. Memudahkan Pengembalian Modal

Salah satu manfaat influencer selain untuk mempromosikan produk Anda juga sebagai investasi bisnis. Keuntungan yang Anda akan dapatkan bisa berupa pengembalian balik modal dengan rumus of investment (ROI). Realitanya pembisnis menggunakan promosi dengan jasa influencer bisa mencapai pengembalian modal yang lebih besar dari iklan banner.

5 Tips Memilih Influencer

Influencer memang banyak dibutuhkan oleh berbagai bisnis dalam memasarkan atau mempromosikan sebuah barang dan jasa. Namun, untuk memilih mana yang terbaik tentu memerlukan sebuah seleksi agar hasil endorsement yang dihasilkan dapt berjalan sukses. Berikut ini 5 tips memilih influencer yang baik :

1. Pilih yang Sesuai dengan Spesifikasi Bisnis

Ketika memilih seorang influencer, penting melihat apakah mereka relevan dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Mengingat setiap influencer memiliki potensi tersendiri dibidang masing-masing. Seperti food enthusiast, traveller, dan beauty enthusiast. Selain memahami seluk-beluk produk, mereka menjadi tolak ukur konsumen mempercayai sebuah produk yang di tawarkan. Kebanyakan customer lebih  memilih dan mempercayai produk yang ditawarkan influencer daripada yang tidak.

2. Lihat Jumlah Followersnya

Kamu bisa melihat dari seberapa banyak followers yang di milikinya. Sudah menjadi cara umum dalam memilih influencer yakin semakin banyak jumlah pengikutnya maka semakin banyak pula audience yang melihat produk yang di tawarkan. Namun, perlu di perhatikan followers tersebut sebaiknya yang oragnic atau asli dan jangan sampai membeli follower. Dengan kata lain, followers yang ada adalah fiktif. Jelas ini tidak akan efektif untuk meningkatkan penjualan produk dan jasa.

3. Reputasi Influencer

Perhatikan reputasi influencer itu sendiri. Ingat, influencer adalah cerminan dari seseorang yang dianggap memiliki potensi untuk mempengaruhi orang lain. Jadi, agar citra bisnis mu baik maka pilihlah influencer yang memiliki rekam jejak baik pula. Pastikan mereka tidak pernah tersandung kasus tertentu. Sebab, ini akan berpengaruh pada keberlangsungan bisnis dan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan.

4. Tingkat Engagement

Menentukan influencer adalah dengan memprediksi tingkat engagement. Engagement penting untuk kamu perhatikan untuk melihat berhasil atau tidaknya produk yang di tawarkan menggunakan influencer tersebut. Contohnya membandingkan jumlah likes dan komentar di setiap postingan. Sebab, jika influencer memiliki semisalnya ribuan followers namun jumlah likes tidak mencapai 100 atau komentarnya hanya 10 saja. Maka patut dipertanyakan keberadaannya.

5. Biaya Jasa yang Dibutuhkan

Memperhatikan berapa biaya jasa yang diperlukan untuk endorse. Tarifnya pun beragam dan tergantung seberapa terkenalnya orang tersebut. Kamu perlu melakukan segmentasi pasar dan tentukan berapakah biaya yang dibutuhkan dan tidak membebani bisnis ke depannya. Memang, biaya influencer cukup besar namun bila kamu menyiasatinya dengan tepat maka, biaya tersebut bisa di alihkan untuk keperluan bisnis lainnya bukan.

Kesimpulan

Influencer adalah seseorang yang memiliki akun media sosial dengan jumlah follower yang banyak. Dengan jumlah follower banyak, sangat bagus sebagai salah satu media untuk mempromosikan produk.  Bagi pemilik bisnis, memanfaatkan jasa seorang influencer memberikan lima keuntungan yang akan membantu bisnis Anda berkembang lebih baik. Kami sudah menjelaskan manfaat tersebut secara lengkap.

Semoga artikel Apa itu Influencer di atas dapat membantu mengembangkan bisnis Anda lebih baik lagi. Sukses untuk Anda!

Baca juga di sini : 

Apa itu Proxy ? Cara Kerja dan Fungsi Proxy ?

Apa itu Snippet?

Jenis Website Berdasarkan Sifat dan Fungsinya

 

 

 

About us and this blog

We are a digital marketing company with a focus on helping our customers achieve great results across several key areas.

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

More from our blog

See all posts

Leave a Comment