Apa itu Branding ? Seberapa Penting untuk Suatu Bisnis?

{f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}({f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}dslc_commentscount{f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}){f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}

Maxima Digital – Apa yang terlintas di pikiran Anda ketika mendengar nama Aqua ? Mungkin Anda termasuk salah satu dari mereka yang mengidentikkannya dengan air mineral, bahkan jika produk tersebut berasal dari merek lain. Tetapi mengapa mereka beranggapan demikian ? karena merk Aqua yang kuat dalam industrinya. Jika ingin memiliki merek yang di kenal seperti contoh di atas, Anda perlu membangun citra positif merek yang tepat.  Untuk itu, Anda akan dipandu melalui artikel ini untuk memahami apa itu branding, manfaatnya untuk bisnis, dan berbagai strategi membangun merek yang tepat. Selamat membaca!

apa itu branding

Apa Itu Branding?

Sebelum memahami arti branding, Anda perlu mengetahui pengertian merek/brand terlebih dahulu. branding adalah nama, istilah, desain, simbol, atau karakteristik lainnya dari sebuah produk atau jasa yang membedakannya dari yang lain. Oleh karena itu, branding adalah segala usaha untuk menciptakan sebuah brand. Dengan kata lain, proses menentukan misi, visi, serta logo dapat di kategorikan sebagai branding.

Jenis-Jenis Branding

Sebelum Anda melakukan branding, Anda harus tahu terlebih dahulu jenis brandingnya. Karena, setiap jenis branding memiliki tujuan yang berbeda. Media yang digunakan pun bisa bervariasi.

Nah, jadi apa saja sih jenis branding? Di bawah, kami akan jelaskan 3 jenis branding yang paling populer.

1. Product Branding

Product branding adalah jenis branding yang paling umum digunakan. Anda pasti melihatnya dimana-mana. Mulai dari website dan media sosial, hingga TV, koran, dan billboard. Tujuan utamanya adalah untuk mempromosikan produk yang baru diluncurkan, atau meningkatkan penjualan produk lama. Biasanya yang di tampilkan adalah fitur-fitur produk, harga produk, variasi produk, dan nilai-nilai lain yang bisa menjadi keunggulan kompetitif.

2. Personal Branding

Pernahkah Anda melihat orang yang menggunakan namanya sendiri sebagai brand? Nah, itu adalah bentuk personal branding. Biasanya metode ini di gunakan oleh orang-orang yang memiliki status tertentu. Seperti artis, politisi, atlit, dan juga selebgram. Intinya, yang di tuju adalah brand awareness, alias popularitas. Media yang paling umum di gunakan adalah media sosial. Alasannya sederhana, karena media sosial adalah platform yang paling tepat untuk mengekspresikan karakter mereka.

3. Corporate Branding

Sesuai dengan namanya, corporate branding adalah jenis branding yang bertujuan untuk mempromosikan suatu perusahaan. Biasanya yang di promosikan adalah nilai-nilai perusahaan, etos kerjanya, sejarah perusahaan, atau misi perusahaan. Sehingga, konsumen bisa mengenal perusahaan lebih dalam. Media yangsSeperti PR (public relation), media sosial, website, dan sponsor event.

Manfaat Branding untuk Bisnis Anda

Kebanyakan merek yang di kenal masyarakat luas memang sudah berdiri sejak lama, contohnya Aqua tadi. Akan tetapi, merek air mineral tersebut tentunya tidak akan berada di posisinya saat ini tanpa usaha branding yang dilakukan secara turun-temurun. Bahkan, Anda tidak perlu terpaku pada merek-merek lama untuk melihat manfaat branding terhadap sebuah bisnis. Branding merupakan salah satu kunci utama kesuksesan sebuah bisnis dalam industri apapun. Berikut adalah beberapa alasannya:

1. Merek akan Terkenal dengan Mudah

Branding yang tepat akan membuat merek Anda terkenal. Ingat contoh Aqua? Bisnis tersebut berhasil membedakan brandnya dari kompetitornya yang kebanyakan memiliki ciri sama.

2. Memberikan Bisnis Anda Posisi yang Kuat dalam Industri

Dalam jangka panjang, usaha memperkuat merek akan menempatkan bisnis Anda pada posisi yang strategis dalam industrinya.

3. Kepercayaan Terhadap Merek Anda Akan Meningkat

Brand yang dikenal secara positif akan lebih dipercaya dan lebih mudah menarik pelanggan baru. Selain itu, pelanggan lama juga akan betah berbisnis dengan Anda jika kualitas dan citra merek terjaga.

4. Mendukung Pemasaran Merek itu Sendiri

Usaha pemasaran Anda akan lebih mudah jika memiliki merek yang sudah dipercaya. Konsumen yang puas dengan produk atau layanan Anda akan cenderung merekomendasikannya ke orang lain.

Nah, pada titik ini, barangkali Anda bertanya-tanya, bagaimana cara memembangun brand yang tepat? Agar dapat melaksanakannya, diperlukan strategi branding. Topik ini akan dijelaskan pada bagian berikutnya.

6 Strategi Ampuh Memperkuat Brand

Apa sajakah strategi branding yang dapat digunakan? Keenam kiat di bawah ini akan membantu Anda memperkuat merk serta menjaganya berada di posisi teratas. Selain untuk perusahaan atau organisasi, cara-cara ini juga dapat di implementasikan pada diri para pekerja freelancer untuk meningkatkan daya jual mereka.

1. Sebutkan Tujuan di Balik Brand Anda

Pada dasarnya, brand promise adalah keunikan dari brand yang ingin Anda gunakan untuk menarik perhatian calon konsumen. Brand purpose merupakan misi yang ingin Anda bawa dengan bisnis Anda. Sesuatu yang unik juga dapat menjadi pusat perhatian dengan mudah. Akan tetapi, keunikan akan kehilangan nilainya seiring waktu berlalu. Untuk mempertahankan kedudukan brand Anda, diperlukan sebuah nilai lebih, yaitu alasan sebenarnya di balik bisnis Anda. Oleh karena itu, strategi brand harus meliputi sebuah misi yang bisa di lakukan dengan ikhlas.

2. Jaga Konsistensi Brand

Salah satu ciri bisnis yang dapat bertahan lama adalah konsistensi dalam berbagai hal, termasuk warna, ide, desain logo, dan gaya bahasa. Mengapa? karena harmoni yang ada pada sebuah merk akan membentuk persepsi positif dalam pikiran masyarakat. Selain itu, hal tersebut juga membuat bisnis Anda lebih mudah diingat.

3. Memiliki Website

Mengapa website? karena memiliki website memudahkan konsumen untuk menemukan mereka. Hal ini karena kebiasaan pembeli yang telah berubah. Kini, mereka mencari produk atau jasa yang ada di internet. Banyak usaha kecil menengah yang berhasil membangun kesuksesan mereka dengan bantuan website.  Anda tidak harus selalu menggunakan website sebagai toko online. Anda bisa saja memakainya sebagai profil perusahaan yang menampilkan produk atau jasa yang di tawarkan. Yang penting, situs bisnis Anda memiliki konten yang mudah di pahami dan menampilkan kekhasan merk Anda. Tanpa lupa, desain website Anda harus mengikuti standar brand yang telah ditentukan.

4. Membangun Kedekatan Antar Konsumen

Kedekatan dengan orang lain merupakan salah satu kebutuhan psikologis manusia yang mendasar. Konsep kedekatan tersebut untuk meningkatkan citra positif sebuah bisnis. Cara penerapannya berbeda-beda, tetapi yang paling sering dilakukan adalah melalui komunitas pengguna. Tentunya Anda tidak hanya dapat menumbuhkan kedekatan antar konsumen. Cara lain yang dapat di lakukan adalah mengadakan kontes atau giveaway.

5. Integrasikan Staf Customer Service dengan Standar Brand

96 persen konsumen beranggapan bahwa ada atau tidaknya customer service mempengaruhi loyalitas mereka terhadap sebuah brand. Dengan kata lain, layanan konsumen juga merupakan faktor yang meningkatkan kualitas brand Anda apapun bidangnya. Akan tetapi, Anda perlu memastikan staf layanan konsumen sepenuhnya paham dengan standar brand yang telah dibuat. Jika brand Anda mengedepankan keramahan dan formalitas dalam melayani pelanggan, maka seluruh agen customer service harus memiliki ciri-ciri tersebut. Hal ini dapat dicapai dengan melakukan orientasi standar brand yang intensif terhadap karyawan Anda. Jika terlaksana, konsistensi brand Anda akan terjaga dengan baik.

6. Perhatikan Kompetitor

Anda bisa menggunakan kelima strategi brand yang telah dibahas sebelumnya, tetapi jangan lupa untuk mengawasi gerak-gerik para pesaing. Mengapa demikian? Untuk mengetahui apa yang dapat di lakukan agar sebuah merek lebih unik dari yang lain, Anda harus tahu taktik mereka. Apalagi, Anda tidak ingin menggunakan strategi brand yang terlalu mirip dengan milik kompetitor dan membuat target pasar kebingungan. Menganalisa pesaing memungkinkan Anda untuk menghindari kesalahan yang terjadi pada usaha branding mereka. Pada akhirnya, kreativitas dan pengetahuan Anda akan strategi brand kompetitor akan berperan lebih besar pada kesuksesan usaha Anda.

Kesimpulan

Branding adalah segala usaha yang dilakukan oleh sebuah bisnis untuk membangun mereknya. Untuk melakukannya, membutuhkan strategi branding yang mumpuni. Dalam artikel ini, Anda telah mempelajari beberapa strategi branding, yaitu

1. Menyebutkan tujuan yang ingin direalisasikan oleh merekAnda

2. Menjaga konsistensi merek

3. Memiliki Website

4. Membangun kedekatan antar konsumen

5. Memperhatikan strategi kompetitor

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Baca juga disini :

Apa itu Influencer? 5 Tips Memilih Influencer

Keyword Stuffing Adalah Hal yang Perlu Anda Hindari !

 

 

 

{f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}({f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}dslc_postpagination{f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}){f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}

{f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}({f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}dslc_authorbio{f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}){f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}

About us and this blog

We are a digital marketing company with a focus on helping our customers achieve great results across several key areas.

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

This form is currently undergoing maintenance. Please try again later.

More from our blog

See all posts
{f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}({f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}dslc_commentscount{f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}){f1a8a3c85707322e574d0d0bb4acfff32679d6aa2d007b51c4096a9c07425fa4}

Leave a Comment